Kimia:7 Perkembangan Teori Atom oleh para Tokoh

Penemu dan perkembangan teori Atom

Halo gengs, kali ini kita akan belajar tentang "apa yang dimaksud dengan atom? bagaimana atom tercipta? Dan siapakah para tokoh yang mengenalkan teori atom?".
Kita akan kelupas perlahan-lahan mulai dari awal hingga akhir.

A. Pengertian atom menurut para tokoh
   1.Menurut Leucippus (sekitar abad ke-5 SM)
      Leucippus berpendapat bahwa yang dimaksud dengan atom ialah elemen dasar yang tak terbatas  jumlahnya dan tak dapat dimusnahkan.Disebut elemen dasar karena atom merupakan pembentuk segala sesuatu yang ada.Leucippus merupakan orang pertama penemu dan penggagas teori atom, namun karena keberadaannya kurang dikenal ia hampir disetarakan dengan muridnya Demokritus.

   2.Menurut Demokritus (sekitar abad ke-4 SM)
      Demokritus meneruskan kembali penemuan sang guru.Ia berpendapat bahwa atom adalah bagian terkecil dari suatu materi yang tidak dapat dibagi-bagi lagi(atomos ; a berarti "tidak" dan tomos berarti "terbagi").Demokritus lebih dikenal kalangan daripada gurunya. 

   3.Menurut John Dalton (±1805 M)
      John Dalton mengemukakan bahwa atom ialah :
*Partikel terkecil dari unsur seperti bola pejal (Karena kebiasaannya bermain bola Bowling)
*Atom penyusun unsur yang sama memiliki sifat yang sama seperti : massa,bentuk,ukuran.
Bentuk dari model atom Dalton yakni bola pejal adalah bentuk inspirasi dari permainan bola bowling yang sering dimainkan oleh John Dalton setiap pekan.

    4.Menurut J.J.Thompson (±1887 M)
       Atom merupakan partikel-partikel yang bermuatan positif dengan elektron yang tersebar merata disekelilingnya atau disebut dengan teori roti kismis.
Teori ini merujuk pada sebuah roti yang ditaburi dengan kismis dan akhirnya terbentuklah pemikiran tentang bentuk atom menyerupai roti kismis.

    5.Menurut Ernest Rutherford (±1911 M)
       Atom terdiri dari Proton yang terpusat pada inti atom dan dikelilingi elektron yang bebas bergerak.Demikian karena saat dalam percobaan menggunakan sinar alfa yang ditembakkan pada lempeng emas yang mengakibatkan sinar terpantul.

Rutherford terinspirasi oleh revolusi bumi pada matahari yang dimana matahari dimisalkan seperti Proton bermuatan positif dan planet-planet yang mengelilinginya dimisalkan elektron.

     6.Menurut Niels Bohr (±1915 M)
        Niels Bohr menyempurnakan kembali teori yang telah dikemukakan oleh E.Rutherford dengan menyatakan bahwa atom terdiri dari inti yang bermuatan positif dan dikelilingi elektron dengan energi tertentu pada lintasannya.
        Elektron dapat berpindah ke lintasan yang energinya lebih rendah dengan disertai pelepasan energi dan dapat juga berpindah ke lintasan yang lebih tinggi energinya disertai dengan penyerapan energi.

     7.Menurut Erwin Scrhodinger / Teori mekanika Kuantum (±1927 M)
         Menurut Scrhodinger Elektron memiliki sifat sebagai partikel sekaligus gelombang yang keberadaannya tidak dapat ditentukan secara pasti. Daerah yang kemungkinan ditemukannya Elektron disebut Orbital.

Model atom Scrhodinger

Teori ini juga merujuk pada teori Bohr dan merupakan penyempurnaan yang cukup menjanjikan dan disebut sebagai teori atom modern.

Gimana?lebih cinta kimia?.Dapatkan info menarik lain seputar pengetahuan dengan klik di bawah ini.


Comments

Popular Posts